PERANCANGAN MATERIAL HANDLING KERETA DORONG UNTUK MENGURANGI FATIQUE DAN CIDERA PADA BURUH PABRIK (Studi Kasus : PT. Mitra Baru Pekanbaru)

Alvan Giovanny, (2011) PERANCANGAN MATERIAL HANDLING KERETA DORONG UNTUK MENGURANGI FATIQUE DAN CIDERA PADA BURUH PABRIK (Studi Kasus : PT. Mitra Baru Pekanbaru). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011101.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. Mitra Baru, berlokasi di jalan Lintas Kulim-Kerinci KM 10, merupakan salah satu industri menengah yang menghasilkan mie sohun. Permasalahan yang terjadi dalam industri ini adalah tingkat kelelahan pekerja yang sangat tinggi yang dikarenakan oleh proses pengangkutan bahan baku secara manual. Tidak adanya alat bantu menyebabkan tingkat keletihan dan ketahanan tubuh pekerja turun drastis. Permasalahan material handling dalam penelitian yaitu pemindahan bahan dari sumur pengendapan ke stasiun pembakaran dan stasiun penggilingan, dari sumur pengendapan dipindahkan endapan sagu sebanyak 2 ember volume cat besar untuk 1 orang, ini mengakibatkan cidera punggung dan lutut ketika mengangkut bahan tersebut, untuk penanggulangan masalah ini dapat digunakan kereta dorong berkapasitas 4 ember, sehingga dapat meminimasi jumlah tenaga kerja, meminimasi waktu, dan meningkatkan produktifitas pekerja dalam upaya mengangkut bahan ini Kata kunci : keletihan, kereta dorong, material handling, produktifitas pekerja

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 670 Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 29 Dec 2015 04:17
Last Modified: 29 Dec 2015 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item