Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU

SRI WAHYUNI, 11211201043 (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE POINT COUNTERPOINT TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 14 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe point counter point terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru?. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Dalam penelitian ini peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran dan guru bidang studi bertindak sebagai observer. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 14 Pekanbaru, sedangkan objek penelitiannya adalah keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam setelah diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Penelitian akan dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, satu kali pertemuan pra tindakan dan pengadaan pre-respon dan tiga kali pertemuan dengan tindakan sekaligus pengadaan pos-respon. Data primer yang didapat dianalisis dengan menggunakan uji tes “t”, setelah melalui uji prasyarat sebelumnya yakni uji homogenitas dengan menggunakan uji varian dan uji normalitas dengan menggunakan tes chi kuadrat. Berdasarkan hasil setelah uji tes “t” diketahui thitung adalah 4,29, sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,00 dan taraf signifikansi 1% = 2,65. Hal ini menandakan nilai pada thitung >ttabel atau 2,00 < 4,29 > 2,65 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan baik pada tingkat signifikansi 5% maupun 1%. Hipotesis yang diterima adalah “ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 14 Pekanbaru. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe point counterpoint sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 14 Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:24
Last Modified: 04 Sep 2019 08:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19170

Actions (login required)

View Item View Item