HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN KABUPATEN ROKAN HILIR

KHOIRUMAN, (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH PUTIH TANJUNG MELAWAN KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017891PAI.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017891PAI.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017891PAI.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017891PAI.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017891PAI.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017891PAI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017891PAI.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017891PAI.pdf

Download (636kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017891PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (753kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017891PAI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017891PAI.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII yang berjumlah 252 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 63 responden. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik stratified proportional random sampling, yaitu dengan pengambilan sampel dari populasi secara proporsional sebanyak 25% dari jumlah siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru dalam pengelolaan kelas sebagai variabel bebas (X ) serta motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat (Y ). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat Hubungan yang signifikan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Putih Tanjung Melawan Kabupaten Rokan Hilir. Hal ini dilihat dari nilai probabilitas 0,00 lebih kecil dari nilai 0,05 atau (0,00 < 0,05 ), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hubungan antara keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong pada kategori “sedang”, karena nilai koefisien korelasi tentang keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 0,530 terletak pada interval koefisien 0,40 – 0,599. Kata Kunci : Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Dan Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:55
Last Modified: 04 Sep 2019 05:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19116

Actions (login required)

View Item View Item