PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU

JELIA MISRA, (2017) PENGARUH KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TARUNA SATRIA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017886PAI.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017886PAI.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017886PAI.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017886PAI.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017886PAI.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017886PAI.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017886PAI.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017886PAI.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017886PAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017886PAI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017886PAI.pdf

Download (332kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa-siswi kelas X, XI dan XII Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru yang berjumlah 416 siswa dari 19 kelas, penelitian ini menarik sampel sebanyak 15% dari populasi, sehingga didapat sampel sebanyak 62 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah Kepribadian Guru sebagai Variabel bebas ( X ) dan Motivasi belajar siswa sebagai Variabel terikat ( Y ). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Angket, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepribadian Guru memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Motivasi belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa kepribadian guru Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 90,12% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah sebesar 82,1% atau dalam kategori sangat tinggi. Melalui uji SPSS korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,816 lebih besar dari pada r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,250<0,816>0,325 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Taruna Satria Pekanbaru. dari hasil penelitian ini, diharapkan guru selalu memperhatikan kepribadianya untuk dapat memotivasi siswa dalam belajar secara optimal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 04 Sep 2019 05:42
Last Modified: 04 Sep 2019 05:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item View Item