ANALISIS PELAKSANAAN SOSIALISASI PILKADA WALIKOTA PEKANBARU TAHUN 2017 OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT

FAJRI SUGANDA, (2017) ANALISIS PELAKSANAAN SOSIALISASI PILKADA WALIKOTA PEKANBARU TAHUN 2017 OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017582ADN.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PERSETUJUAN (1).pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV (1).pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI (1).pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana analisis pelaksanaan sosialisasi pilkada walikota pekanbaru tahun 2017 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat, dan untuk mengetahui hambatan – hambatan KPUD Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan sosialisasi pilkada Walikota dan Wakil Walikota Kota Pekanbaru. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan teori pelaksanaan, sosialisasi pemilihan, partisipasi politik. Untuk menjawab penelitian ini, penulis menggunakan metodologi penelitian Deskriptif kualitatif dan dalam pengukuran analisis pelaksanaan sosialisasi pilkada walikota pekanbaru tahun 2017 oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Pekanbaru dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat, diukur dengan 3 indikator, yaitu Sosialisasi Politik, Metode Sosialisasi, dan Bentuk Partisipasi Masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di tiga Kelurahan yang terendah tingkat partisipasinya yaitu di Kelurahan Rejosari, Sukamaju, Delima. Sampel penelitian berdasarkan rumus Slovin berjumlah 100 orang dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran komisi pemilihan umum daerah kota Pekanbaru dalam sosialisasi pemilihan sebagai upaya meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada pemilu Walikota 2017 di Kota Pekanbaru yang paling tinggi adalah indikator Sosialisasi Politik (Mean = 3,34) berbanding dengan indicator Metode Sosialisasi (Mean = 3,07), sedangkan yang paling rendah adalah indicator Bentuk Partisipasi Masyarakat (Mean = 2,8). Adapun hambatan – hambatan KPUD Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan sosialisasi pilkada Walikota dan Wakil Walikota Kota Pekanbaru disebabkan masih banyaknya masyarakat yang golput, DPT ganda, pemilih pemula yang sedikit partisipasinya, proses sosialisasi yang berjalan tidak merata, dan kinerja PPK yang belum maksimal untuk menyebarluaskan informasi sosialisasi dari KPUD Kota Pekanbaru. Kata Kunci : Pelaksanaan Sosialisasi, KPUD Kota Pekanbaru, Partisipasi, Sosialisasi Politik, Metode Sosialisasi, Bentuk Partisipasi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Ms. Ernawati
Date Deposited: 03 Sep 2019 05:16
Last Modified: 03 Sep 2019 05:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19009

Actions (login required)

View Item View Item