PEMANFAATAN MUSHOLLA SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN AGAMA SISWA DI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA NEGERI 4 BANGKINANG SEBERANG

Wardialis, (2010) PEMANFAATAN MUSHOLLA SEKOLAH SEBAGAI SARANA PEMBINAAN AGAMA SISWA DI SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA NEGERI 4 BANGKINANG SEBERANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201177.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pembinaan agama merupakan salah satu cara untuk membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki keterampilan, sehat jasmani dan rohani, berkepribadian yang mantap dan mandiri serta tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Pembinaan agama dapat dilaksanakan melalui sarana pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Dari rumusan di atas dapat diambil pengertian bahwasanya pendidikan agama sangat urgen dalam proses pembangunan bangsa dalam mencapai tujuan nasional. Untuk dapat melaksanakan pembinaan agama secara optimal melalui pendidikan formal maka pada tahun 1990 di SLTP Negeri 4 Bangkinang Seberang telah didirikan Musholla untuk melaksanakan berbagai kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan dikelas dengan adanya Musholla di Sekolah diharapkan pembinaan agama dapat dilaksanakan semaksimal mungkin sesuai dengan fungsi Musholla tersebut. Namun sepengetahuan penulis Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Agama yang dilakukan oleh siswa serta para majelis guru tidak sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Hal ini dapat dilihat dari sikap guru dan siswa yang acuh dalam pemanfaatan Musholla yang telah ada. Oleh karena itu penulis meneliti masalah ini dengan judul Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Agama Siswa di SLTP Negeri 4 Bangkinang Seberang. Dari judul tersebut, penulis mengemukakan permasalahan sesuai dengan perumusan dan gejala-gejala yang ada yaitu: Bagaimana Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Agama Siswa di SLTP Negeri 4 Bangkinang Seberang dan faktor apa saja yang mempengaruhi pemanfaatan Musholla tersebut. Sebelum penulis melakukan pengamatan terhadap variabel yang berupa pemanfaatan Musholla sekolah dalam penelitian ini menggunakan metode, angket, wawancara dan dokumentasi. Penulis menganalisa berdasarkan indikator yang sesuai maka penulis berkesimpulan bahwa Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sarana Pembinaan Agama Siswa di SLTP Negeri 4 Bangkinang Seberang dinyatakan kurang baik. Karna memanfaatkan Musholla yang dilakukan oleh guru dan siswa belum terlaksana secara maksimal. Adapun faktor yang mempengaruhinya adalah karena kurangnya kontrolisasi dari pihak majelis guru dan kurangnya minat dari siswa dan siswi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 03:46
Last Modified: 21 Dec 2015 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item