NURHASANAH (2017) HUBUNGAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA DENGAN PENGAMALAN SHALAT SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEPENUHAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COPER_2017862PAI.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017862PAI.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017862PAI.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017862PAI.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017862PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017862PAI.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017862PAI.pdf Download (831kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017862PAI.pdf Download (617kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017862PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017862PAI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017862PAI.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar-belakangi oleh gejala yang menunjukkan tidak adanya hubungan antara pendidikan agama dalam keluarga dengan pengamalan shalat anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak hubungan yang signifikan pendidikan agama dalam keluarga dengan pengamalan shalat siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian dilaksanakan pada bulan april hingga bulan mei bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kepenuhan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP N 2 Kepenuhan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hubungan pendidikan agama dalam keluarga dengan pengamalan shalat siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 89 siswa. Mengingat kelas IX mengadakan UN, maka penulis memfokuskan pada siswa kelas VII dan VIII dengan mengambil sampel yaitu 47 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel ini adalah Puposive sample. Pengumpulan data untuk variabel X dan Y menggunakan angket dalam bentuk skala likert. Untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, sedangkan untuk menganalisis hubungan variabel X dan Variabel Y yang terkumpul, digunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi Pearson Product Moment. Dalam pengolahan data tersebut peneliti menggunakan program SPSS. Versi 16.0 for windows. Berdasarkan anlisis data maka disimpulkan bahwa Pendidikan agama dalam kelurga tergolong baik, dengan persentase 73,92%. Pengamalan shalat siswa tergolong baik, dengan persentase 71,03%. Terdapat hubungan yang signifikan pendidikan agama dalam kelurga dengan pengamalan shalat siswa. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa koofesien korelasi kedua variabel adalah 0,307 sedangkan probabilitas 0.03. Hal ini mengandung pengertian bahwa semakin baik pendidikan agama dalam keluarga maka semakin baik pula pengamalan shalat siswa. Kata Kunci : Pendidikan Agama dalam Keluarga, Pengamalan Shalat
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 08:24 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 08:24 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18929 |
Actions (login required)
View Item |