Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LARANGAN PERNIKAHAN SIRI TERHADAP DUDA OLEH NINIK MAMAK DI KENAGARIAN KOTO TANGAH KECAMATAN BUKIK BARISAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

HAYANA ARHAM (2018) LARANGAN PERNIKAHAN SIRI TERHADAP DUDA OLEH NINIK MAMAK DI KENAGARIAN KOTO TANGAH KECAMATAN BUKIK BARISAN KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018639AH.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018639AH.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018639AH.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018639AH.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018639AH.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018639AH.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018639AH.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018639AH.pdf

Download (853kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018639AH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018639AH.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018639AH.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota . Kasus ini pun menjadi tradisi dan peraturan yang dibuat oleh pemuka adat di Kenagarian Koto Tangah tersebut. Karena adat yang melarang pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah tersebut sangat berbeda penerapannya dengan yang diajarkan agama Islam khusnya di bidang fiqh munaqahat, maka penulis merasa perlu untuk menetapkan hukumnya melalui penelitian ini. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota dan untuk mengetahui faktor yang menyebabkan larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota dan bagaimana tinjauan hukum Islam mengenai larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak Kenagarian Koto Tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) di KenagarianKoto Tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah untuk mengetahui apa faktor larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah. Adapun metode yang digunakan dalam dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, internet dan kajian kepustakaan, data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 19 orang, terdiri dari 15 orang ninik mamak dan 4 orang duda. Berhubung populasinya sedikit, maka semua populasi dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa larangan pernikahan siri terhadap duda oleh ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota tidak bertentangan dengan Islam karena pemuka adat atau ninik mamak di Kenagarian Koto Tangah menganut prinsip menghargai perempuan , menjaga harkat dan martabat seseorang dan kemaslahatan manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:59
Last Modified: 02 Sep 2019 07:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18897

Actions (login required)

View Item View Item