PADILA SARI, 11318201911 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 EMPAT BALAI KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (801kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
mata pelajaran ilmu pengetahuan alam melalui penerapan model pembelajaran word square di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar, yang dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai yang berjumlah 18 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran word square untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan mengunakan Teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data aktivitas guru dan aktivitas siswa dihitung dengan mengunakan rumus: P = F/N x 100%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa dihitung dengan mengunakan rumus: Ketuntasan klasikal = Jumlah siswa yang tuntas / Jumlah Keseluruhan x 100%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa. hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh presentase ketuntasan 56% atau 10 orang siswa yang tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan presentase ketuntasan 72% atau 13 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan presentase ketuntasan 89% atau 16 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Word Square, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 07:09 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 07:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18840 |
Actions (login required)
View Item |