NICKY NOPERNANDES (2017) UPAYA GURU MEMBENTUK HUBUNGAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN KELOMPOK (KOOPERATIF) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017847PAI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017847PAI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017847PAI.pdf Download (639kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERHARGAAN_2017847PAI.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017847PAI.pdf Download (595kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017847PAI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017847PAI.pdf Download (621kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017847PAI.pdf Download (447kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017847PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (739kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017847PAI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017847PAI.pdf Download (380kB) | Preview |
Abstract
Hubungan sosial siswa dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik antar individu yang satu dengan yang lain, saling menghargai dan didasarkan pada kesadaran untuk saling menolong dalam proses pembelajaran di sekolah. Dalam aktifitas belajar kelompok (kooperatif) hubungan sosial bagi setiap siswa tidak selamanya dapat berlangsung dengan baik, demikianlah kenyataan yang sering dijumpai pada setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah agar guru Pendidikan Agama Islam bisa membentuk hubungan sosial diantara siswa dalam pembelajaran kelompok, karena tidak semua siswa saling berhubungan sosial terlebih lagi siswa memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Penelitian ini adalah penelitian bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk hubungan sosial siswa dalam pembelajaran kelompok (kooperatif) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhi upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk hubungan sosial siswa dalam pembelajaran kelompok (kooperatif). Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah 2 orang, sementara objeknya adalah upaya guru membentuk hubungan sosial siswa dalam pembelajaran kelompok (kooperatif) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini terdiri 2 orang guru saja, karena populasinya sedikit maka penulis tidak mengambil sampel. Data dikumpulakan dengan teknik observasi dan wawancara. Observasi dan wawancara dilakukan terhadap 2 orang guru Pendidikan Agama Islam. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase, menggunakan rumus: P= x 100% Kesimpulan berdasarkan data analisa tersebut adalah upaya guru membentuk hubungan sosial siswa dalam pembelajaran kelompok (kooperatif) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Pekanbaru adalah Baik, dengan persentase 78%. Kata Kunci: Hubungan Sosial Siswa, Pembelajaran Kelompok (Kooperatif).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:31 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18810 |
Actions (login required)
View Item |