NELSI SANTI (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH IDENTIFY THE PROBLEM, DEFINE THE PROBLEM, EXPLORE SOLUTION, ACT ON THE STRATEGY, LOOK BACK AND EVALUATE THE EFFECT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 014 NAGA BERALIH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017754PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017754PGMI.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017754PGMI.pdf Download (576kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017754PGMI.pdf Download (367kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017754PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017754PGMI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017754PGMI.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017754PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017754PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (825kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017754PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017754PGMI.pdf Download (293kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar melalui penerapan strategi pemecahan masalah Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect. Penelitian ini dilatar belakang oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan sekolah yaitu 68. Hal ini terbukti dari ketuntasan hasil belajar siswa yaitu hanya 7 orang siswa yang tuntas dari16 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pemecahan masalah Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan mencapai rata-rata 60 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Kemudian setelah menerapkan strategi pemecahan masalah Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 69,75 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,44 dengan ketuntasan klasikal 87,5%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemecahan masalah Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 014 Naga Beralih Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Pemecahan Masalah Identify the problem, Define the problem, Explore solution, Act on the strategy, Look back and evaluate the effect, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:49 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18592 |
Actions (login required)
View Item |