Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGUMPULAN ZIS (ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH) PADA GURU DAN MURID SDN 008 PENDALIAN IV KOTO MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Dwi Rizqi Nur Arlita, - (2019) PENGUMPULAN ZIS (ZAKAT, INFAQ, SHODAQOH) PADA GURU DAN MURID SDN 008 PENDALIAN IV KOTO MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (935kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB III.pdf

Download (929kB) | Preview
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: Pengumpulan ZIS (Zakat,Infaq,Shodaqoh) Pada Guru Dan Murid SDN 008 Pendalian IV Koto Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi ini dilatar belakangi karena ingin mengetahui pengumpulan zis pada guru dan murid SDN 008 Pendalian IV Koto dan penyebab terjadinya ketidak lancaran program tersebut setelah 1 tahun berjalan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana pengumpulan ZIS (zakat,infaq,shodaqoh) pada guru dan murid SDN 008 Pendalian IV Koto dan Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap pengumpulan ZIS (zakat,infaq,shodaqoh) pada guru dan murid SDN 008 Pendalian IV Koto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang berlokasi di Desa Sei Kandis Kecamatan Pendalian IV Koto, Rokan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua murid SDN 008 Pendalian IV Koto yang berjumlah 168 orang, karena jumlah populasinya lebih dari 100 maka penulis mengambil sample 15% dari jumlah orang yang ada tersebut yaitu 25 orang, dengan menggunakan teknik random sampling atau pengambilan sample secara acak dengan tujuan mempermudah penulis untuk memperoleh dan mengolah data. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan penulis yaitu metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pengumpulan dana zis yang dilakukan oleh SDN 008 Pendalian IV Koto belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip ekonomi islam dalam hal penyalurannya terutama dari segi keadilan dan keterbukaan. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengumpulan zis pada guru dan murid SDN 008 Pendalian IV Koto yaitu dukungan para wali murid akan program pengumpulan zis di SDN 008 Pendalian IV Koto dan bersedianya wali murid untuk menjadi muzakki dalam program ini Sedangkan faktor penghambatnya yaitu timbulnya rasa kurang percaya wali murid terhadap pihak sekolah karena dalam pengelolahan dan penyaluran dananya pihak sekolah kurang terbuka. Tinjauan ekonomi Islam mengenai pengumpulan ZIS (Zakat,Infaq,Shodaqoh) pada guru dan murid SDN 008 Pendalian IV Koto jika dilihat dari segi keadilan dan kemerataan belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:49
Last Modified: 28 Aug 2019 07:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item