SITI ROYYANIA FITRIA RAHMAN (2017) ANALISIS TENTANG MINAT BACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 130 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017753PGMI.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017753PGMI.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017753PGMI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017753PGMI.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017753PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017753PGMI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017753PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017753PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017753PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017753PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017753PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat baca siswa, faktorfaktor yang mempengaruhinya dan upaya dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru. Diantaranya ditandai dengan rendahnya kemauan siswa mengunjungi perpustakaan, siswa lebih suka menerima informasi secara lisan dari pada dalam bentuk tulisan dan banyaknya siswa yang menganggap membaca menjadi kegiatan yang membosankan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V yang berjumlah 105 siswa. Dengan sampel berjumlah 35 siswa melalui pemilihan purposive sample. Teknik pengumpulan datanya adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah menggunakan teknik deskriptif statistik dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa minat baca siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 130 Pekanbaru dikategorikan tinggi. Hal ini terbukti dari hasil analisa penelitian secara keseluruhan dengan menggunakan persentasediperoleh persentase sebesar 72,1%. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca siswa adalah intensitas membaca, jenis bacaan, perasaan, tujuan membaca, lingkungan, akses informasi. Sedangkan upaya untuk meningkatkan minat baca siswa adalah: 1) Menyediakan perpustakaan mini. 2) Mewajibkan siswa untuk membaca 15 menit. 3) Memberikan kesempatan membaca. 4) Memotivasi siswa untuk membaca. 5) Menganjurkan siswa untuk membeli buku bacaan. 6) Menganjurkan siswa untuk mengunjungi perpustakaan. 7) Menanamkan kebiasaan siswa untuk membaca. 8) Mengadakan pembaharuan buku setiap tahunnya. Kata Kunci : Analisis, Minat Baca
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 400 Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:46 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:46 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18589 |
Actions (login required)
View Item |