IRDA JUNINGSI (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI REGU SORAK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 008 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017744PGMI.pdf Download (661kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017744PGMI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017744PGMI.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017744PGMI.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017744PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017744PGMI.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017744PGMI.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017744PGMI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017744PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017744PGMI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017744PGMI.pdf Download (256kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan strategi regu sorak pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa yang dipengaruhi oleh kurangnya siswa mau bertanya pada saat pembelajaran, sebagian siswa tidak membuat catatan penting, selain itu siswa kurang mendengarkan penjelasan dari guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan aktivitas belajar siswa dan strategi regu sorak. Penelitian dilaksanakan dua siklus setiap kali siklus dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data ini adalah menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa penerapan strategi regu sorak menunjukan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 52,91%. Kemudian setelah menerapkan strategi regu sorak pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 63,75%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 91,45%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi regu sorak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 008 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Strategi Regu Sorak, Aktivitas Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18560 |
Actions (login required)
View Item |