Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PRAKIRAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR SEKTOR RUMAH TANGGA KOTA PEKANBARU TAHUN 2016-2025 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LEAP

RINAL YANTO SAHPUTRA (2017) ANALISA PRAKIRAAN KEBUTUHAN BAHAN BAKAR SEKTOR RUMAH TANGGA KOTA PEKANBARU TAHUN 2016-2025 MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LEAP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan bahan bakar sektor rumah tangga kota Pekanbaru pastinya akan meningkat setiap tahunnya seiring dengan besarnya aktivitas pemakaian bahan bakar dan besarnya pemakaian bahan bakar per aktivitas. Tingkat perekonomian dan jumlah penduduk sangat berpengaruh terhadap aktivitas pemakaian bahan bakar. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk akan menyebabkan aktivitas pemakaianenergi semakin tinggi. Namun kebiakan yang dilakukan pemerintah tentang peralihan bahan bakar dari mitan ke gas mengakibatkan semakin tingginya angka kebutuhan bakar bakar dengan dampak Indonesia harus melakukan impor disetiap tahunnya, disisi lain masih banyaknya penggunaan bahan bakar dengan tingkat polutan yang tinggi seperti kayu bakar, arang dan minyak tanah. Untuk itu diharapkan pada tahun 2025 penelitian ini dapat melihat seberapa penggunaan bahan bakar sektor rumah tangga dan tingkat efisien masyarakat kota Pekanbaru dalam menggunakan bahan bakar. Oleh sebab itu salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan prakiraan untuk melihat seberapa besar pemakaian bahan bakar ditahun mendatang, dalam melakukan prakiraan dibutuhkan data sekunder dan pengolahan selanjutnya yang akan digunakan sebagai asumsi dasar. Penelitian ini menggunakan bantuan perangkat lunakLEAP, jangka waktu prakiraan sepuluh tahun kedepan dengan beberapa faktor yang mempengaruhinya yaitu jumlah penduduk, rumah tangga,PDRB, pertumbuhan penduduk, pertumbuhan rumah tangga dan pertumbuhan PDRB. Prakiraan permintaan bahan bakar dilakukan berdasarkan data historis aktivitas dan intensitas bahan bakar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prakiraan kebutuhan bahan bakar sektor rumah tangga kota Pekanbaru periode 2016-2025 memiliki hasil prakiraan yang beragam. Dimana peningkatan pemakaian terjadi pada jenis bahan bakar LPG, gas kota dan lainnya dengan jumlah prakiraan ditahun 2025 untuk pemakaian LPG sebesar 13.300.708,43 SBM, gas kota 3.640,15 SBMdan lainnya 1.152,80SBM. Beberapa jenis bahan bakarterjadi penurunan yaituuntuk jenis bahan bakar minyak tanah, arang dan kayu bakar dengan jumlah prakiraan ditahun 2025 untuk jenis minyak tanah sebesar 13,78 SBM, arang 2,08 SBM dan kayu bakar 0,64 SBM. Dengan hasil prakiraan kebutuhan bahan bakar maka dapat dihasilkannilaielastisitas energi atau tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar sektor rumah tangga kota Pekanbaru.Angka elastisitas kota Pekanbaru menunjukkkanmenunjukkan bahwa kota Pekanbaru bersifat boros dalam penggunaan bahan bakaryaitu 1,6.Kata kunci:Prakiraan, Bahan Bakar Sektor Rumah Tangga, Prangkat Lunak LEAP, Intensitas, Elastisitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:20
Last Modified: 28 Aug 2019 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item