STRATEGI PEDAGANG IKAN KERING DALAM MANAGE RESIKO MENURUT EKONOMI ISLAM DI PEKANBARU

Muhammad Nur Hakim, (2010) STRATEGI PEDAGANG IKAN KERING DALAM MANAGE RESIKO MENURUT EKONOMI ISLAM DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201113.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Pedagang Ikan Kering Dalam Manage resiko menurut Ekonomi Islam di Pekanbaru”, metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Dalam setiap usaha dagang pasti akan mengalami yang namanya resiko, maka oleh sebab itu maka perlu adanya strategi untuk manage itu semua. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk berlaku jujur dan tidak berbuat curang, salah satunya dalam mengatur strategi untuk manage resiko dalam usaha dagang ikan kering ini. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pertama, apa saja resiko yang dihadapi dalam usaha dagang ikan kering ini, kedua, bagaimana strategi yang dilakukan oleh pedagang ikan kering ini dalam manage resiko, dan ketiga, bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap strategi yang digunakan oleh pedagang ikan kering ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja resiko yang dihadapi oleh pedagang ikan kering ini, untuk mengetahui bagaiman strategi yang digunakan pedagang ikan kering ini dalam manage resiko dan bagaimana tinjauannya menerut Ekonomi Islam. Dari hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa: 1. Resiko-resiko yang diahadapi usaha dagang ini yaitu ikannya rusak/ busuk, barang yang berlebih, sepinya pembeli dan terjadinya persaingan harga. 2. Strategi-strategi yang digunakan oleh pedagang yaitu dijual dengan harga yang murah apabila ikan ini rusak atau barangnya berlebih, meningkatkan promosi penjualan apabila sepinya pemebeli, dan meningkatkan kualitas barang apabila terjadinya persaingan harga. 3. Tinjauannya menurut Ekonomi Islam yaitu pedagang harus mengatakan dengan jujur bahwa barang yang dijualnya itu berkualitas baik tanpa ada campuran dengan barang yang berkualitas buruk, pedagang juga harus jujur dalam mempromosikan barang dagangangnya dan tidak mengubah-ubah harga pasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 26 Jan 2016 01:28
Last Modified: 26 Jan 2016 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item