UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN MURID PADA MATA PELAJARAN SAINS DALAM MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LATIHAN LABORATORIUM (LABORATORY TRAINING) DI KELAS IVMIS AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU

Uci Hartati, (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN MURID PADA MATA PELAJARAN SAINS DALAM MATERI ENERGI DAN PENGGUNAANNYA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN LATIHAN LABORATORIUM (LABORATORY TRAINING) DI KELAS IVMIS AR-RAHMAN KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011892.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di MIS Ar-Rahman Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru, penulis menemukan gejala-gejala yang menunjukkan rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya kurangnya murid membaca dan memperhatikan pelajaran, hal ini terlihat ketika guru bertanya murid hanya diam saja, kurangnya keingintahuan murid terhadap pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas, hanya sebagian murid yang mau bertanya atau mengajukan pendapatnya, murid tidak berani bertanya jika belum paham dengan pelajaran yang telah diberikan guru dan murid kurang semangat belajar ketika diminta guru untuk memecahkan soal, menganalisis dan mengambil keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keaktifan belajar murid pada mata pelajaran Sains dalam materi energi dan penggunaannya dapat ditingkatkan melalui penerapan startegi pembelajaran latihan laboratorium (Laboratory Training). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya mencapai rata-rata nilai 39,7 dengan kategori sangat rendah, pada siklus I aktivitas belajar siswa meningkat dengan rata-rata nilai 49,7 dengan kategori rendah, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sangat memuaskan dengan perolehan rata-rata nilai 71,4 dengan kategori tinggi. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran latihan laboratorium (Laboratory Training) dapat meningkatkan aktvitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sains materi energi dan penggunaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:52
Last Modified: 25 Jan 2016 08:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1844

Actions (login required)

View Item View Item