Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PYRAMID EXAMS PADA MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SDN 016 TAMPAN KOTA PEKANBARU

Yetriana (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PYRAMID EXAMS PADA MATERI KOPERASI SISWA KELAS IV SDN 016 TAMPAN KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011889.pdf

Download (747kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi koperasi Siswa Kelas IV SDN 016 Tampan Kota Pekanbaru melalui metode pembelajaran Pyramid Exams. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Pyramid Exams untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi koperasi. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan teknik tes. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Temuan dalam penelitian bahwa penerapan metode pembelajaran Pyramid Exams dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hanya mencapai 16 orang (47,06) siswa yang tuntas, sedangkan 18 orang siswa (52,94%) belum tuntas. Sedangkan setelah tindakan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 22 orang (64,71%) siswa yang tuntas. Sedangkan 12 orang siswa (35,29%) belum tuntas. Sedangkan pada siklus II ketuntasan siswa telah melebihi 75%, yaitu dengan ketuntasan sebesar 82,35% atau sekitar 28 orang siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan penerapan metode pembelajaran Pyramid Exams dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi koperasi Siswa Kelas IV SDN 016 Tampan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:50
Last Modified: 25 Jan 2016 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item