PENGARUH PENERAPAN METODE PEER TUTORING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG

WINDA NELVASARI, 11217204228 (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE PEER TUTORING BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode peer tutoring berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 2 Tambang pada pokok bahasan Ikatan Kimia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji homogenitas data awal, pretest dan postest sebagai data akhir, wawancara, serta dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa di kelas eksperimen karena penerapan metode peer tutoring berbantuan macromedia flash. Dimana hasil perhitungan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,9572 dan ttabel = 1,9949 sehingga menunjukkan thitung > ttabel. Maka Ho ditolak, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan metode peer tutoring berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar kimia yakni sebesar 11,24%. Kata Kunci: Peer Tutoring, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Ikatan Kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:04
Last Modified: 27 Aug 2019 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item View Item