PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE JARIMATIKA KELAS III SDN 009 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Fatma Wati, (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PERKALIAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE JARIMATIKA KELAS III SDN 009 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011887.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa materi Perkalian Bilangan Bulat melalui metode Jarimatika kelas III SD Negeri 009 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa materi Perkalian Bilangan Bulat melalui metode Jarimatika kelas III SDN 009 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar? Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu aktivitas belajar matematika siswa materi perkalian bilangan bulat (Variabel Y) dan penerapan metode Jarimatika (Variabel X) yang merupakan objek penelitian. Penelitian ini direncanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2011. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 4 kali pertemuan. Satu pertemuan tanpa tindakan dan tiga kali pertemuan melalui tindakan. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar matematika siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan teknik persentase. Dari hasil tersebut dapat diketahui apakah terjadi peningkatan atau tidak aktivitas belajar siswa dari setiap siklus yang dilaksanakan. Jika aktivitas belajar matematika siswa dan masing-masing indikatornya sudah berkategori kuat dengan angka persentase ≥70,5%, maka siswa dapat dikatakan telah memiliki aktivitas belajar yang baik selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I terlihat bahwa aktivitas belajar matematika siswa sangat rendah, hal ini terbukti dengan hasil observasi yang belum mencapai standar yaitu ≤70,5%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu beberapa orang siswa telah mencapai kategori kuat , dan pada siklus III meningkat mencapai standar yang ditetapkan peneliti, bahkan beberapa diantaranya ada yang memiliki kategori sangat kuat. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar matematika siswa materi perkalian bilangan bulat melalui metode Jarimatika. Dengan kata lain, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:48
Last Modified: 25 Jan 2016 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item