MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCARIAN INFORMASI DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN KELAS V SDN 019 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG

Mira Yanti, (2011) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PENCARIAN INFORMASI DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN KELAS V SDN 019 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011886.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Model Pencarian Informasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa pada pokok bahasan kenampakan alam dan buatan kelas V SDN 019 Rimbopanjang. Penelitian ini adalah tindakan kelas. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah : Apakah model pencarian informasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas V SDN 019 Rimbopanjang. Penelitian ini direncanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2011. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrument perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan lima kali pertemuan. Satu pertemuan tanpa tindakan dan empat kali pertemuan melalui tindakan. Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa, maka data tersebut dianalisis dengan memperhatikan indikator aktivitas belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan teknik persentase. Dari hasil tersebut dapat diketahui apakah terjadi peningkatan atau tidak aktivitas belajar siswa dari setiap siklus yang telah dilaksanakan. Jika aktivitas belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa dan masing-masing indikatornya sudah berkategori kuat dengan angka persentase ≥ 75%, maka siswa dapat dikatakan telah memiliki aktivitas belajar yang baik selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus pertama cukup baik dengan rata-rata 62%. Pada siklus kedua naik menjadi 80% dengan klasifikasi sangat tinggi dan ketuntasan belajar siswa mencapai 100% dari nilai indikator yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tingkat keberhasilan telah melebihi 75% dari jumlah seluruh siswa. Artinya, sebagian besar siswa telah mencapai KKM yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan Model Pencarian Informasi dapat meningkatkan motivasi belajar IPS pada materi kenampakan alam dan buatan siswa kelas V SDN 019 Rimbopanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:26
Last Modified: 25 Jan 2016 08:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item