Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE HENSIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAAH PEKANBARU

Dewi Asnita (2011) PENERAPAN METODE HENSIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-FATTAAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011884.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada materi perkalian mata pelajaran matematika melalui penerapan metode Hensis siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattaah Pekanbaru. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattaah Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah penerapan metode Hensis pada materi perkalian mata pelajaran matematika. Penelitian ini penulis lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattaah Pekanbaru pada siswa kelas III yang berjumlah 21 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui obervasi dan tes secara lisan maupun tertulis. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Selanjutnya data yang bersifat kuantitatif yang berwujud angka-angka dipresentasikan dan ditafsirkan. Kesimpulan analisis data atau hasil penelitian dibuat bentuk kalimat-kalimat (kualitatif). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu: dari hasil tindakan pada siklus II dan tes hasil belajar siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattaah Pekanbaru menunjukkan bahwa hampir seluruh siswa telah tuntas belajarnya. Karena telah mencapai lebih dari 80% dari jumlah seluruh siswa maka tindakan siklus ke II dipandang sudah berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode Hensis dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fattaah Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:16
Last Modified: 25 Jan 2016 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item