Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MURID KELAS IV SD NEGERI 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA

Zamzalimar (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PETA LINGKUNGAN SETEMPAT MURID KELAS IV SD NEGERI 050 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011879.pdf

Download (469kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Berdasarkan hasil pengamatan di SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara, ditemui beberapa gejala-gejala atau fenomena dalam proses belajar mengajar antara lain : Hanya 12 siswa atau 37% dari seluruh murid yang berjumlah 32 orang mencapai nilai ketuntasan kriteria minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah yaitu 62 untuk mata pelajaran IPS. Kurangnya antusiasi murid dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran. Dari 32 orang murid hanya 3 atau 5 murid saja yang dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Tidak adanya kemauan murid untuk bertanya dalam proses pembelajaran ketika guru memberi kesempatan untuk bertanya tentang pelajaran yang telah di jelaskan Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian menggunakan pendekatan PTK. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar murid melalui penerapan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dalam pelajaran IPS kelas IV SD SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Murid Kelas IV SD Negeri 050 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara.?. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Pengamatan dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas mata pelajaran IPS 58,3%, pada kategori kurang baik. Namun setelah dilakukan tindakan siklus II nilai hasil belajar murid secara klasikal meningkat menjadi 68%, berada pada kategori cukup. Sedangkan tindakan pada siklus III nilai hasil belajar IPS murid juga meningkat dengan rata- rata 75,6%, berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan baik dan benar dapat meningkatkan hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:15
Last Modified: 25 Jan 2016 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1837

Actions (login required)

View Item View Item