PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MA TERI JENIS- JENIS BUDAYA DI INDONESIA MURID KELAS IV SDN 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Fitri Yanti, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INSTANT ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) PADA MA TERI JENIS- JENIS BUDAYA DI INDONESIA MURID KELAS IV SDN 012 NAUMBAI KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011877.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan hasil refleksi awal pada murid Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan murid pada materi jenis-jenis Budaya di Indonesia, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) materi jenis-jenis Budaya di Indonesia murid Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Penelitian ini dilaksanakan di Kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar pada Tahun Pelajaran 2010-2011. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian dengan melakukan tindakan pembelajaran di kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas murid selama proses pembelajaran berlangsung dengan penerapan Strategi Pembelajaran Instant Assessment. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn murid dilakukan tes pada bagian akhir proses pembelajaran setiap satu siklus dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada materi jenis-jenis Budaya di Indonesia dengan nilai rata-rata mencapai 69,25. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) murid kelas IV SD Negeri 012 Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.“Diterima” artinya jika diterapkan strategi pembelajaran Instant Assessment dalam pembelajaran PKn secara benar oleh guru murid yang aktif akan menjadi lebih aktif seiring dengan itu hasil belajar PKn murid meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:13
Last Modified: 25 Jan 2016 08:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item