PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI MASALAH YANG PALING TIDAK JELAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU

Ana Mirawati, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI STRATEGI MASALAH YANG PALING TIDAK JELAS KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 031 TAMPAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011876.pdf

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi masalah yang paling tidak jelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran bangun ruang SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru. Adapun rumusan masalahnya adalah” Bagaimana penerapan strategi masalah yang paling tidak jelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan bangun ruang kelas IV SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru”? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus. Penelitian ini peneliti yang berperan langsung dalam proses pembelajaran, subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 40 orang siswa SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru kelas IV/C yang terdiri dari 22 orang laki-laki dan 18 orang perempuan, sedangkan subyek penelitian ini adalah penerapan strategi masalah yang paling tidak jelas untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 031 Tampan Pekanbaru. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi masalah yang peling tidak jelas terdapat dalam RPP/3 Lampiran 4 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan sebelum tindakan adalah 58.75%, sedangkan rata-rata setelah penerapan strategi masalah yang paling tidak jelas adalah 66,50% pada siklus I, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 76,00%. Hal ini membuktikan bahwa melalui penerapan strategi masalah yang paling tidak jelas dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:10
Last Modified: 25 Jan 2016 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1835

Actions (login required)

View Item View Item