PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN BALOK GARIS BILANGAN PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 009 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR

Meily Fitriana, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MENGGUNAKAN BALOK GARIS BILANGAN PADA MATERI OPERASI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 009 GANTING KECAMATAN SALO KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011863.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian pendidikan untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan pada Materi Operasi penjumlahan Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa kelas IV SDN 009 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2011. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang siswa.Teknik pengumpulan data yaitu dari observasi dan dokumentasi yang dilaksanakan untuk melihat pelaksanaan pembelajaran dengan Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan Pada Materi Operasi penjumlahan Bilangan Bulat. Teknik analisa data yang digunakan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif dengan presentase aktivitas guru dan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa tanpa tindakan angka persentasi 57,5% aktivitas guru dengan kategori cukup. Pada siklus I angka persentasi aktivitas guru mencapai 68% sedangkan angka persentasi aktivitas siswa 21,4% berkategori kuat dan 78,6% dengan kategori cukup. Pada siklus II angka persentasi aktivitas guru mencapai 82,6% sedangkan angka persentasi aktivitas siswa 92,8% dengan kategori kuat dan 7,1% dengan kategori sangat kuat. Serta pada Siklus III angka persentasi aktivitas guru mencapai 90,7% dengan sedangkan aktivitas siswa 71% mencapai kategori sangat kuat dengan indikator yang memenuhi aktivitas ideal ≥70,5%. Peningkatan tergambar pada setiap siklus dan terjadi secara signifikan dari tiap siklus. Hal ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Menggunakan Balok Garis Bilangan pada Materi Operasi penjumlahan Bilangan Bulat dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas IV SDN 009 Ganting Kecamatan Salo Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 08:09
Last Modified: 25 Jan 2016 08:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1834

Actions (login required)

View Item View Item