Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DI BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN SIAK MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada 8 Satuan Kerja Perangkat Daerah)

WARISAH (2018) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DI BADAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN SIAK MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Kasus Pada 8 Satuan Kerja Perangkat Daerah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018517EI.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018517EI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ASBTRAK__2018517EI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018517EI.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018517EI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018517EI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018517EI.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018517EI.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018517EI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018517EI.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018517EI.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Daerah Kabupaten Siak yaitu mengenai penerapan fungsi manajemennya antara lain perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, pengendalian dan pengawasan bila fungsi manajemen diterapkan maka tidak ada satuan kerja perangkat daerah yang terlambat dalam menyampaikan laporan keuangan. Namun fakta yang penulis temukan masih banyak Satuan Kerja Perangkat Daerah yang lambat dalam menyampaikan laporan kepada Badan Keuangan Daerah. Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah bagaimana penerapan fungsi manajemen di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak, apa kendala yang dihadapi Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak dalam penerapan fungsi manajemen dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap penerapan fungsi manajemen di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat lapangan (field research), sumber pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Data primer diperoleh langsung dari BKD dan SKPD dan data sekunder diperoleh dari referensi, karya lain, dan data pendukung lainnya. Data dianalisis menggunakan desriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan fungsi manajemen di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Siak secara umum sudah baik, namun masih ada kekurangan seperti perencanaan antara usaha yang dilakukan dengan hasil atau tujuan yang ditetapkan belum berhasil hal tersebut terbukti dengan adanya SKPD yang masih terlambat dalam mengumpulkan laporan keuangan ke BKD Siak. Sedangkan pengorganisasian yang dilakukan sudah baik antar BKD dan SKPD. Selanjutnya fungsi pengimplementasian sudah bisa dikatakan baik karena ketika SKPD tidak memahami atau mengalami permasalahan BKD langsung memberikan arahan dan mencari akar permasalahan untuk diselesaikan bersama-sama. Selanjutnya pengendalian dan pengawasan yang dilakukan BKD terhadap SKPD sudah dikatakan baik, hal itu terbukti laporan yang di antar SKPD langsung dicek ini membuktikan pengawasan sudah dilakukan BKD. Kendala Badan Keuangan Daerah yang dihadapi penerapan fungsi manajemen yaitu kurangnya sumber daya manusia yang tidak sesuai keahlian, masih belum adanya tingkat kedisiplinan, kurangnya pembagian kerja, kurangnya dana melakukan pelatihan, ruang lingkupnya yang besar. Tinjauan ekonomi syariah penerapan fungsi manajemen di BKD belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi syariah karena perencanaannya yang belum maksimal seperti strategi yang ditetapkan tidak berhasil, agar SKPD menyampaikan laporan keuangan i tepat waktu dalam Islam perencanaan harus benar dipersiapkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan prosesnya harus diikuti dengan baik tidak boleh asalasalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:46
Last Modified: 27 Aug 2019 02:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18335

Actions (login required)

View Item View Item