Erdiati (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENTANG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE RECONNECTING SISWA KELAS V MIM AURSATI KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011818.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada bidang studi Matematika. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Reconnecting dapat meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan berbagai bentuk Pecahan Siswa Kelas V MIM Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas V MIM Aursati tahun pelajaran 2009-2010 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Metode Reconnecting dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Bidang Studi Matematika Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurungan berbagai bentuk Pecahan Melalui Metode Reconnecting Siswa Kelas V MIM Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Mei sampai dengan Agustus 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah pelajaran matematika. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu: 1. Perencanaan/ persiapan tindakan, 2. Pelaksanaan tindakan, 3. Observasi, dan 4. Refleksi. Berhasilnya penerapan metode Reconnecting pada mata pelajaran matematika, diketahui dan adanya peningkatan hasil belajar bidang studi matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan dari sebelum tindakan (pra tindakan), siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan hasil belajar bidang studi matematika pada materi penjumlahan dari pengurangan pecahan hanya mencapai rata-rata persentase 40,74%, setelah dilakukan tindakan pada siklus pertama meningkat menjadi 55,55% atau hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan masih tergolong “sedang”, karena 55,55°/o berada pada rentang 41-60%. Sedangkan siklus ke dua meningkat menjadi 72,22% atau hasil belajar matematika pada penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan tergolong “tinggi”, karena 72,22% berada pada rentang 61-80%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu di atas 70%. Besar peningkatan yang diperoleh dan siklus I ke siklus 11 adalah 16,67%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Reconnecting dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan berbagai bentuk pecahan siswa kelas V MIM Aursati Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 07:42 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 07:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1831 |
Actions (login required)
View Item |