UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Asmaniarti, (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KOMUNIKATIF SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011780.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Perumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui penggunaan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V MIS Rumbio dalam belajar berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Rumbio Kecamatan Kampar Tahun Pelajaran 2008-2009 yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 8 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Siswa di Kelas V MIS Rumbio Kecamatan Kabupaten Kampar.Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Agustus 2009. Mata pelajaran yang diteliti adalah Bahasa Indonesia Berhasilnya penerapan Pendekatan Komunikatif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, diketahui dari adanya peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Drama Pendek dari sebelum tindakan, siklus I, dan Siklus II. Pada sebelum tindakan keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Drama Pendek hanya mencapai rata-rata 54%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,50% atau keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Drama Pendek masih tergolong “ cukup”, karena 67,50% berada pada rentang 56%-75%. Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,50% atau setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,50% atau keaktifan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Drama Pendek masih tergolong “ Baik”, karena 81,50% berada pada rentang 76%-100%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu di atas 75%. Besar peningkatan yang diperoleh dari siklus I ke siklus II adalah 14%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan memalui Pendekatan Komunikatif dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Pendekatan Komunikatif Siswa Kelas V MIS Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:35
Last Modified: 25 Jan 2016 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1828

Actions (login required)

View Item View Item