MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 EMPAT BALAI KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR

Apriani Susanti, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 001 EMPAT BALAI KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011739.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Empat Balai Kecamatan Bangkinag Barat Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kekurangan pembelajaran di kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V, sedangkan objeknya adalah model Pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar matematika siswa ulangan yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan.berdasarkan analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Dari analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dibandingkan sebelum dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, dengan rata-rata sebelum tinda kan 59,46, dengan ketuntasan secara klasikal 42,86% dan setelah tindakan siklus I dengan rata-rata 66,96, dengan ketuntasan secara klasikal 67,85%, siklus II dengan rata-rata 78,39, dengan ketuntasan secara klasikal 82,14%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 001 Empat Balai Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar pada pokok bahasan Pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:32
Last Modified: 25 Jan 2016 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item