PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN QUIK ON THE DRAW PADA MATERI KENAMPAKKAN ALAM, SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN 006 BENCAH KELUBI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Raudhotun Nupus, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN QUIK ON THE DRAW PADA MATERI KENAMPAKKAN ALAM, SOSIAL DAN BUDAYA SISWA KELAS IV SDN 006 BENCAH KELUBI KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011730.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, hal ini terlihat hanya 9 orang atau 45,00% yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, sedangkan sisanya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, selain itu hanya sebagian siswa yang tergolong aktif dalam tanya jawab dengan guru di kelas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui teknik pembelajaran Quik On The Draw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Materi Kenampakkan alam, sosial dan budaya Siswa Kelas IV SDN 006 Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan teknik pembelajaran Quik On The Draw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, diketahui adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 9 orang siswa atau ketuntasan siswa hanya mencapai 45,00%. Pada siklus pertama ketuntasan siswa mencapai 14 orang siswa atau ketuntasan telah mencapai 70,00%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 90,00%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui teknik pembelajaran Quik On The Draw dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi kenampakkan alam, sosial dan budaya pada siswa kelas IV SDN 006 Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:15
Last Modified: 25 Jan 2016 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item