PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 068 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR

Delniati, (2011) PENINGKATAN MOTIVASI MENULIS KARANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 068 KOTO PERAMBAHAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011723.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Memperhatikan fenomena yang terjadi dilapangan pada siswa kelas IV SD Negeri 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur, yaitu rendahnya motivasi belajar menulis karangan, melihat kenyataan di lapangan penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menggunakan media gambar untuk meningkatkan motovasi menulis karangan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan motivasi menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur, dilaksanakan mulai dari bulan Juni 2009 hingga selesai. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan indikator motivasi menulis karangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa tingkat motivasi menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa berada pada klasifikasi “Cukup Tinggi” dan siswa yang mencapai motivasi tinggi dalam belajar hanya mencapai 59,37% dari keseluruhan siswa, ternyata belum mencapai indikator yang diharapkan dalam penelitian ini, dan setelah dilakukan perbaikan pada siklus kedua maka motivasi menulis karangan siswa meningkat pada klasifikasi “ Tinggi” dan siswa yang mempunyai motivasi tinggi dalam belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah mencapai 71,25% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi jika digunakan media gambar dapat meningkatkan motivasi menulis karangan siswa kelas IV Negeri 068 Koto Perambahan Kecamatan Kampar Timur di “Diterima” artinya apabila digunakan media gambar secara tepat dan benar akan dapat meningkatkan motivasi menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:04
Last Modified: 25 Jan 2016 07:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1821

Actions (login required)

View Item View Item