PENERAPAN STRATEGI HOLLYWOOD SQUARES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA MURID KELAS V SDN 027 PAYUNG SEKAKI PEKANBARU

Yulia Andryani, (2011) PENERAPAN STRATEGI HOLLYWOOD SQUARES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN PADA MURID KELAS V SDN 027 PAYUNG SEKAKI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011720.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar mengajar setiap guru harus memiliki kemampuan keterampilan mengajar. Bagi guru yang menginginkan murid-muridnya lebih kreatif maka guru harus mempunyai cara khusus untuk membuat muridnya termotivasi dalam belajar sehingga hasil belajar pun dapat meningkat pula. Gejala-gejala di lapangaan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 027 Payung Sekaki Pekanbaru masih rendah. Gejala ini terlihat dari Masih banyaknya murid yang kurang serius memperhatikan guru saat menjelaskan pelajaran, Lebih dari 50% dari jumlah murid di kelas tersebut pada semester I mendapatkan nilai di bawah standar KKM (6.5), dan Kurangnya penguasaan murid terhadap materi pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Strategi Hollywood Squares untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan pada murid kelas V SDN 027 Payung Sekaki Pekanbaru. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan (Variabel X) dan penerapan strategi hollywood squares (Variabel Y) yang merupakan objek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juni sampai September 2009. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi hasil belajar siswa. Dari data awal observasi hasil belajar siswa hanya 45,4% dikategori belum tuntas secara klasikal. pada siklus I, 86,36% dikategorikan ketuntasannya 86,36% atau belum tuntas seluruhnya. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 100% atau secara klasikal tercapai ketuntasan. Keadaan ini menunjukan bahwa perbaikan hasil belajar IPS materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan dengan Penerapan Strategi Hollywood Squares dikatakan berhasil karena terjadi ketuntasan secara klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:01
Last Modified: 25 Jan 2016 07:01
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item