PENERAPAN METODE CANTOL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS II MIN PASIR PENGARAIAN KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU

Heni Setiawati, (2011) PENERAPAN METODE CANTOL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA HURUF HIJAIYAH PADA MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS KELAS II MIN PASIR PENGARAIAN KECAMATAN RAMBAH KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011717.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa membaca huruf-huruf hijaiyah pada mata pelajaran Qur’an Hadits. Hal ini terlihat berdasarkan gejala-gejala sebagai berikut: adanya sebagian siswa yang belum dapat mengenal huruf-huruf hijaiyah, siswa belum mampu melafalkan huruf-huruf hijaiyah, kurangnya kemampuan siswa menyebutkan huruf hijaiyah, kurangnya kemampuan siswa membaca huruf huruf hijaiyah. Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Metode Cantol Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Huruf- huruf Hijaiyah pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits di kelas II MIN Pasir Pengaraian Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pasir Pengaraian kelas II semester I tahun ajaran 2010/2011. Jumlah siswa yang menjadi subyek penelitian adalah 30 orang, terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah penerapan Metode Cantol untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II dalam membaca huruf-huruf hijaiyah. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase terhadap kemampuan membaca siswa sebelum tindakan mencapai 43,33% kategori “Rendah” setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode cantol, kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa meningkat menjadi 60% kategori “Sedang”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan membaca siswa meningkat menjadi 65,85%. Kategori “Sedang”. Artinya ada peningkatan. Dan dilakuakn perbaikan pada siklus III kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa meningkat kembali menjadi 87,5%. Kategori “Baik Sekali”. Artinya ada peningkatan kemampuan siswa dalam membaca huruf hijaiyah pada mata pelajaran Qur’an Hadits siswa kelas II MIN Pasir Pengaraian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 07:00
Last Modified: 25 Jan 2016 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item