PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Wika Asari, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011712.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Bagaimanakah peningkatan kemampuan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung pada siswa kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecematan Tapung Kabupaten Kampar Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 002 Pantai Cermin Kecematan Tapung Kabupaten Kampar, tahun pelajaran 2009 – 2010 dengan jumlah murid sebanyak 32 orang. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah (1) Variabel kemampuan menulis puisi, (2) variabel penerapan pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas yaitu : 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata persentase kemampuan siswa pada sebelum tindakan mencapai persentase 40% dengan kategori “Kurang mampu”, karena berada pada rentang 40% - 55%. Setelah dilakukan tindakan melalui pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung, kemampuan siswa meningkat dengan persantase 60% dengan kategori “Cukup Mampu” karena berada pada rentang 56% - 75%. Setelah diperbaiki pada siklus II kemampuan siswa dalam menulis puisi melalui pendekatan kontekstual dengan teknik objek langsung mengalami peningkatan yang cukup memuaskan dengan persentase 87% dengan kategori “Mampu” karena berada pada rentang 76% - 100%. Artinya kemampuan siswa kelas V SD Negeri 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Dalam Menulis Puisi telah mencapai 75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:58
Last Modified: 25 Jan 2016 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item View Item