REVI ASMITA (2017) PENGARUH INTERAKSI EDUKATIF GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017684PAI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017684PAI.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017684PAI.pdf Download (506kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017684PAI.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017684PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017684PAI.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017684PAI.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017684PAI.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017684PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017684PAI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017684PAI.pdf Download (318kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 305 siswa. Sedangkan sampel penelitian diambil sebesar 40%, yaitu 122 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi (contingency coefficient correlation). Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa Phi ( ) untuk pengaruh interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa adalah 0,415 lebih besar dari rtabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,174 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,228. Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yaitu ada pengaruh yang signifikan interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Adapun tingkat pengaruhnya tergolong sedang atau cukup, karena 0,415 berada pada rentang 0,400 – 0,700. Sedangkan kontribusi yang diberikan interaksi edukatif guru terhadap motivasi belajar siswa adalah 0,415 x 100% = 17,22%. Sisanya sebesar 82,78% (100% - 17,22%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 04:10 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 04:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18160 |
Actions (login required)
View Item |