PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 008 TELUK JIRA KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Harniati, (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI 008 TELUK JIRA KECAMATAN TEMPULING KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011704.pdf

Download (948kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan strategi pembelajaran generatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 008 Teluk Jira Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah menerapkan strategi pembelajaran generatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 008 Teluk Jira Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir materi Luas Persegi dan Persegi Panjang? Penelitian ini terdiri dari dua variabel subjek penelitian yaitu siswa kelas III SD Negeri Teluk Jira dan penerapan srategi pembelajaran generatif yang merupakan objek penelitian. Penelitian ini direncanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2011. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri atas instrument perangkat pembelajaran dan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktifitas belajar guru dan siswa dan lembaran tes siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 4 kali pertemuan. Satu pertemuan tanpa tindakan dan tiga kali pertemuan melalui tindakan.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui III siklus, pada siklus I diketahui bahwa hasil belajar matematika siswa rendah dengan rata-rata 68,25, dan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 60,00% dari keseluruhan siswa. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke II terjadi peningkatan beberapa orang siswa yaitu dengan nilai rata-rata 74,00, dan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 75%, dan pada siklus III terjadi peningkatan sesuai dengan standar yang ditetapkan peneliti yaitu dengan nilai rata-rata 78,50 dan ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 90,00 %. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa materi luas persegi dan persegi panjang melalui penerapan strategi pembelajaran generatif. Dengan kata lain, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:56
Last Modified: 25 Jan 2016 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item