PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Husnil Khotimah, (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FISHBOWL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 002 PANTAI CERMIN KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011703.pdf

Download (411kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini disebabkan dalam proses pembelajaran siswa jarang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan, dalam proses pembelajaran sebagian siswa kurang aktif, hal ini terlihat dari aktivitas siswa yang tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan materi pelajaran, dan sebagian ada yang mengantuk ketika guru menyampaikan materi pelajaran. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamanakah penerapan Metode pembelajaran Fishbowl dalam meningkatkan aktivitas belajar Sains pada materi sifat bahan dan kegunaannya siswa kelas IV SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Berhasilnya penerapan metode pembelajaran Fishbowl pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Sains dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Aktivitas belajar Sains siswa kelas IV pada sebelum tindakan masih tergololong “Rendah” karena skor 49 berada pada rentang 25 – 49 atau dengan rata-rata 49.00%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa tergolong “Tinggi” karena skor 66 berada pada rentang 50 – 74 atau dengan rata-rata 65.50%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat dengan sangat tinggi dengan skor 80 berada pada rentang 75 – 100 atau dengan rata- rata 80.00%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, yaitu diatas 75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode pembelajaran Fishbowl dapat meningkatkan aktivitas belajar Sains pada materi sifat bahan dan kegunaannya siswa kelas IV SDN 002 Pantai Cermin Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:54
Last Modified: 25 Jan 2016 06:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1815

Actions (login required)

View Item View Item