PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 006 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR

Eli Yasmiati, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 006 KAMPUNG PANJANG KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011699.pdf

Download (554kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains. Hal ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mampu menjawab umpan balik yang diberikan guru tentang materi yang baru diajarkan, siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran, guru cendrung menggunakan metode ceramah, sehingga siswa terlihat bosan mengikuti pelajaran, dan siswa terkesan sulit untuk menjawab soal ulangan, hal ini terlihat ketika dilakukan ulangan hanya sebagian siswa yang dapat menjawab dengan benar. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa materi Wujud Benda Dan Sifatnya di Kelas IV SDN 006 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kamparmpar. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif tipe Round Robin pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Sains dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas sebanyak 11 (52,38%), pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 66,67%. Walaupun ketuntasan siswa meningkat dari sebelum tindakan ke siklus I, namun secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata ketuntasan siwa mencapai 18 orang siswa atau dengan persentase 85,71%. Artinya hasil belajar siswa telah 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar Sains pada siswa kelas IV SDN 006 Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:50
Last Modified: 25 Jan 2016 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1813

Actions (login required)

View Item View Item