MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN KELOMPOK SPONTANITAS TERPIMPIN PADA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 040 BUKIT RAYA PEKANBARU

Rodiah, (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN KELOMPOK SPONTANITAS TERPIMPIN PADA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IVA SEKOLAH DASAR NEGERI 040 BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011696.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran matematika, hal ini terlihat dari 40 orang peserta didik hanya 18 orang peserta didik (45%) yang mencapai Keriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada operasi hitung campuran peserta didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 040 Bukit Raya Pekanbaru melalui model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV A Sekolah Dasar Negeri 040 Bukit Raya Pekanbaru pada pokok bahasan operasi hitung campuran”. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa ada yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: perencanaan/ persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan tekhnik observasi, tes hasil belajar matematika dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik, sedangkan tes dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi pada materi operasi hitung campuran secara individu terhadap peserta didik yang mengikuti pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin, sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui profil sekolah. Berhasilnya penerapan model pembelajaran langsung dengan kelompok spontanitas terpimpin dapat diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada sebelum diadakan tindakan hasil belajar siswa mencapai 45% dengan kategori rendah. Pada siklus I hasil belajar peserta didik mencapai 26 orang (65%) dengan kategori sedang. Pada siklus II hasil belajar cukup memuaskan yaitu telah mencapai 32 orang (80%) dengan kategori tinggi, keadaan ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran pada mata pelajaran matematika dengan kelompok spontanitas terpimpin dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:49
Last Modified: 25 Jan 2016 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1812

Actions (login required)

View Item View Item