PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERCERITA BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA POKOK BAHASAN MEMBACA WACANA KELAS IV SD NEGERI 054 BUKIT RAYA KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU

Emil Zola, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERCERITA BERPASANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA POKOK BAHASAN MEMBACA WACANA KELAS IV SD NEGERI 054 BUKIT RAYA KECAMATAN TENAYAN RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011681.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan. Seorang lulusan sekolah dasar saat ini apabila dilihat ke arah lingkungan masyarakat tidak mampu untuk menunjukkan bahwa mereka adalah seorang yang berpendidikan. Penerapan model model pembelajaran kooperatif juga tidak dapat dipungkiri untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan yang dikembangkan dan diterapkan oleh guru di sekolah dasar sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kegiatan pembelajaran yang masih dilakukan secara klasikal dengan model yang banyak diwarnai dengan ceramah dan bersifat guru sentris menyebabkan siswa kurang aktif terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Melihat masalah di atas, peneliti tertarik melakukan penelitian tindakan sebagai upaya perbaikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bercerita Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Pokok Bahasan Membaca Wacana Siswa Kelas IV SD Negeri 054 Bukit Raya”. Jenis penelitian ini yaitu jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya meliputi teknik tes, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum dilakukan siklus penelitian, penulis melakukan pengambilan data tes pra siklus penelitian dengan nilai rata-rata 52,63 berada pada rentangan penilaian antara 51-75 (berkategori baik). Selanjutnya setelah melakukan penelitian pada siklus pertama nilai rata-rata anak 67,11 berada pada rentangan penilaian antara 51-75 (berkategori baik) dan pada siklus kedua nilai rata-rata anak 98,03 berada pada rentangan penilaian antara 76-100 (berkategori sangat baik). Dengan demikian hipotesis penelitian yang menduga dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe bercerita berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia khususnya pada pokok bahasan membaca wacana siswa kelas IV SD Negeri 054 Bukit Raya dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:48
Last Modified: 25 Jan 2016 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1811

Actions (login required)

View Item View Item