EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DENGAN PERMAINAN MEMBACA DAN MEMBENTUK KALIMAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALMUNAWWARAH PEKANBARU

ADDAILAMI, (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE SAM’IYYAH SYAFAWIYYAH DENGAN PERMAINAN MEMBACA DAN MEMBENTUK KALIMAT PADA PELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALMUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017665PBA.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017665PBA.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017665PBA.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017665PBA.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017665PBA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017665PBA.pdf

Download (992kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017665PBA.pdf

Download (853kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017665PBA.pdf

Download (928kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017665PBA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017665PBA.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017665PBA.pdf

Download (805kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren almunawwarah pekanbaru?.” Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu dimulai dengan merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi dan test. Populasi penelitian adalah siswa madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru tahun ajaran 6102-6102, dengan sampel siswa kelas 6a dan 6b di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 6a dan 6b madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Objek penelitian adalah penggunaan metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Karena nilai To = 69.2 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 01 = 6922 dan taraf signifikansi %1 = 6910. Ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, metode sam’iyyah syafawiyyah dengan permainan membaca dan membentuk kalimat pada pelajaran bahasa arab efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di madrasah tsanawiyah pondok pesantren al-munawwarah pekanbaru. Kata kunci: Efektivitas, Metode, Permainan dan Kemahiran Membaca

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:08
Last Modified: 26 Aug 2019 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item