MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN ANAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 028 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Jerita Maya Sari, (2011) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI PANTUN ANAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KREATIF-PRODUKTIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 028 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011676.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Memperhatikan kenyataan yang terjadi pada siswa kelas IV SDN 028 Tambang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yaitu rendahnya minat belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi pantun anak, maka penulis merasa perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan penelitian dengan penerapan strategi pembelajaran Kraetif-Produktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Kraetif-Produktif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pantun anak siswa kelas IV SDN 028 Tambang Kecamatan Tambang Penelitian ini dilaksanakan di SDN 028 Tambang Kecamatan Tambang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi minat belajar siswa selama pembelajaran berlangsung dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kraetif-Produktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada siklus I diketahui bahwa minat belajar Bahasa Indonesia hanya 48% dari 21 siswa. Namun setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat dan telah mencapai 76% dari seluruh siswa. Dari data ini menunjukkan bahwa hipotesis yang berbunyi “Melalui Penerapan Strategi Kreatif-Produktif Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 028 Tambang Kecamatan Tambang akan meningkat”.di “Diterima” artinya apabila diterapkan strategi Kraetif-Produktif secara benar dan sesuai dengan materi pelajaran yang dipelajari maka dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:43
Last Modified: 25 Jan 2016 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1810

Actions (login required)

View Item View Item