PAIJAN RAMBE (2017) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA PEMBELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017656PIPS-E.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017656PIPS-E.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017656PIPS-E.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017656PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017656PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017656PIPS-E.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017656PIPS-E.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017656PIPS-E.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017656PIPS-E.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017656PIPS-E.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017656PIPS-E.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh UU Nomor 14 Tahun 2005 yang menuntut Guru harus memiliki 4 kompetensi yang salah satunya yaitu kompetensi profesional yang menuntut guru untuk menguasai materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam menguasai materi pelajaran ekonomi. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan bagi sekolah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru IPS ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus = 100. Metode keabsahan data menggunakan metode perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangualasi data dengan sumber. Hasil penelitian berdasarkan observasi penulis menunjukkan bahwa kompetensi profesional dalam penguasaan materi pelajaran guru IPS ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru adalah Sangat Baik dengan hasil 82,39% yang berada pada posisi 81% -100% dan guru ekonomi memiliki motivasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan yang diajarkannya dengan cara mengikuti MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan pelatihan- pelatihan mengenai perubahan-perubahan kurikulum. Kata Kunci: UU No 14 Tahun 2005, Kompetensi Profesional, Penguasaan Materi Pelajaran, MGMP
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Aug 2019 02:48 |
Last Modified: | 26 Aug 2019 02:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18093 |
Actions (login required)
View Item |