PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 002 KABUN KEC. KABUN KAB. ROKAN HULU

Leni Marlina, (2011) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 002 KABUN KEC. KABUN KAB. ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011670.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SD Negeri 002 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 002 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu pada materi pokok pecahan?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri 002 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu yang berjumlah 25 orang siswa dan objek penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here untuk meningkatkan motivasi belajar matematika pada materi pecahan siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Data yang diperoleh melalui observasi merupakan data ordinal. Untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi belajar siswa maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus chi kuadrat. Setelah dianalisis diketahui terdapat peningkatan yang signifikan antara motivasi belajar matematika sebelum penerapan dan motivasi belajar matematika setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here. Dengan hasil 2  = 37,5 dan harga kritik chi kuadrat ( 2  hitung ≥ 2  tabel) baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% yaitu (5,99<40,0>9,21) Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ha diterima. Artinya terjadi peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Hasilnya ada peningkatan motivasi belajar matematika siswa kelas IVA SD Negeri 002 Kabun Kecamatan Kabun Kabupaten Rokan Hulu melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Everyone Is A Teacher Here.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 06:41
Last Modified: 25 Jan 2016 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1808

Actions (login required)

View Item View Item