MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRI PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Nielda Fitri Hirdayani, - (2019) MANAJEMEN PRODUKSI HOME INDUSTRI PENGRAJIN ROTAN DI KECAMATAN RUMBAI KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.PENGESAHAN.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.BAB I.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.BAB III.pdf

Download (827kB) | Preview
[img] Text
11.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img]
Preview
Text
12.BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTKA.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.daftar riwat hidup.pdf

Download (381kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di jalan Yos Sudarso km.1, Rumbai Kota Pekanbaru. Latar belakang dalam penelitian ini adalah home idustri, pengrajin rotan adalah usaha yang sudah lama dan turun temurun, dilihat dari segi potensinya kerajinan rotan adalah suatu kerajinan khas dari Riau. di dukung dengan bahan baku rotan juga ada di propinsi riau. maka diperlukannya manajemen produksi yang bagus. Namun fenomena yang didapat ada beberapa pengusaha yang masih kesulitan dari bahan bakunya sehingga muncul fenomena adanya kerajinan yang dibuat dari plastik yang mirip rotan. dan pasti kualitasnya berbeda. maka dirumuskan masalah. Bagaimana Implementasi Manajemen Produksi Home Industri pengrajin Rotan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pada Manajemen Produksi Home Industri Pengrajin Rotan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru, dan Bagaimana perspektif ekonomi Islam tentang Manajemen Produksi Home Industri Pengrajin Rotan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 12 pemilik home industi rotan di Kecamatan Rumbai kota Pekanbaru, penulis mengambil sampel sebanyak 5 pemilik dengan metode purposive sampling. dan untuk memperkuat data penulis juga mengambil karyawan berjumlah 27 orang diambil sampel semuanya dengan metode total samping. teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, dan Studi kepustakaan. kemudian dianalisis mengunakan analisis deskriptif kualitatif. implemantasi manajemen produksi home industry pengrajin rotan dikecamatan rumbai kota Pekanbaru yang menerapkan manajemen produksi yang bagus adalah : usaha perabot rotan dona, perabot rattan handmade dan perabot rotan kurnia sehingga berdampak pada jumlah pendapatan yang tinggi pertahunnya. Namun, usaha rotan nazat dan elsindo belum secara keseluruhan menerapkanya. dan dari hasil penelitian juga didapat bahwa tanggapan yang baik dengan tanggapan sebanyak 25 orang atau 92,5% tentang memperhatikan bahan baku yang bagus, dan mengedepankan kualitas. namun untuk pembagian jam kerja masih kurang bagus dengan tanggapan kadang-kadang sebanyak 15 orang atau 55,5%. Faktor pendukung dalam usaha kerajinan rotan diantaranya: letak geografis mendukung bahan baku, adanya tenaga kerja yang produktif, pangsa pasar yang bagus. faktor penghambat diantaranya terkadang bahan baku terbatas, dan modal yang kurang. Dari Tinjauan ekonomi Islam adanya rasa tolong menolong antara karyawan dan pemilik. Dalam ekonomi Islam diperlukannya sebuah manajemen yang bagus agar kualitas yang dihasilkan juga bermutu. Dengan tujuan akhirnya adalah untuk kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 23 Aug 2019 08:10
Last Modified: 23 Aug 2019 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18035

Actions (login required)

View Item View Item