IMPLEMENTASI WEB MAP SERVICE(WMS) PADASISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BENCANA DI PROVINSI RIAU(Studi Kasus: BPBD Provinsi Riau)

HERZAVINA, (2017) IMPLEMENTASI WEB MAP SERVICE(WMS) PADASISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BENCANA DI PROVINSI RIAU(Studi Kasus: BPBD Provinsi Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (806kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) adalah suatu organisasi yang berorientasi di bidang penanggulangan bencana. Dalam memetakan lokasi bencana, BPBD Provinsi Riau menggunakan ArcGIS untuk menampilkan informasi spasialmengenai bencana. Perangkat Sistem Informasi Geografistersebut berbasis desktop, kelemahannya yaitu untuk mengetahui informasi bencana pengguna harus secara langsung berhubungan dengan perangkat SIG tersebut. Kemudian, kelemahannya yang lain yaitu apabila pengguna menginginkan informasi bencana, maka pengguna harus menggunakan flashdiskatau hardiskuntuk memindahkan data dan kemudian di-importkembali ke dalam perangkat SIG pengguna.Terakhir, pertukaran data bencana dari BPBD kabupaten/kota di Provinsi Riau ke BPBD Provinsi Riau dilakukan dengan cara menggunakan telepon. Tujuan yang ingin dicapai yaitu mengusulkan suatu sistem informasi geografis untuk membantu pihak BPBD Provinsi Riau dalam melakukan kolaborasi penyebaran informasi bencanadengan BPBD kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. Dalam perancangan sistem ini menggunakan Quantun GISuntuk mendigitasi peta dan mengelola database. Kemudian sistem ini menggunakan protokol standar dari Open Geospatial Consortiumyaitu Web Map Service. Manfaat dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan infrastruktur data spasial yang telah mendukung standar Web Map Service, sehingga peta bencana dapatditampilkan disemuaclientyang telah mendukung standar Web Map Service. Hasil dari sistem ini berupa sistem informasi geografis bencana menggunakan standar Web Map Service. Sehingga,dapat mempermudah pihak BPBD Provinsi Riau untuk melakukan kolaborasi dalam penyebaran informasi bencana dengan BPBD kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau.Kata Kunci : Bencana, BPBD, GIS,MapServer,Web Map Service

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 23 Aug 2019 01:48
Last Modified: 23 Aug 2019 01:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item