PENGGUNAAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE MODEL CERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN MATERI AKHLAK TERCELA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMNATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Desi Yulidar, (2011) PENGGUNAAN METODE VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE MODEL CERITA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DENGAN MATERI AKHLAK TERCELA DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMNATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
2011_2011663.pdf

Download (300kB)

Abstract

Mata pelajaran akidah akhlak bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang diwujudkan dalam akhlak yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan , penghayatan , pengamalan peserta didik tentang aqidah dan akhlak islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkat kualitas keimanan dan ketaqwaannya kepada allah SWT serta berakhalak mulia dalam kehidupan pribadi,bermasyarakat dan bernegara sehingga memperoleh kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dalam pembelajaran aqidah akhlak yang sangat diharapkan adalah hasil maksimal. Untuk memperoleh hasil maksimal pada pembelajaran salah satu faktor penentunya adalah motivasi belajar siswa yang baik. Oleh karna itu siswa harus memiliki motivasi yang tinggi terhadap pelajaran aqidah akhlak. Namun berdasarkan observasi awal penulis terhadap motivasi siswa kelas V MI Muhammadiyah simpang kubu kecamatan kampar kabupaten kampar terdapat indikasi masih rendahnya motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala seperti : sebagian besar atau 75% dari jumlah siswa 41 orang dikelas jarang yang memberikan pertanyaan kepada guru, masih ada murid yang ribut ketika guru menerangkan pelajaran, siswa jarang memberikan tanggapan berkaitan penjelasan guru, sebagian siswa kurang memperhatikan keterangan guru, sebagian siswa tidak mau mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru. Berangkat dari permasalahan tersebut penulis mencoba melakukan penilitian tindakan kelas guna mencari pemecahan masalah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak dengan mengunakan MetodeVCT model cerita Adapun langkah yang penulis lakukan dalam penilitian tindakan kelas ini, adalah dengan membuat perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan , dan refleksi dari hasil penilitian tersebut. Berdasarkan obvservasi yang telah penulis lakukan, maka terlihat tingkat motivasi murid kelas V MI Muhammadiyah simpang kubu dikategorikan rendah, hal ini dapat di buktikan dengan hasil observasi pada siklus I dengan nilai 63,89% dan ternyata belum mencapai indikator kaberhasilan yang di harapkan dalam penelitian ini. Setelah di lakukan perbaikan pada tindakan siklus II maka terjadi peningkatan motivasi murid dengan nilai 68,28% dapat dikategorikan sedang. Namun hasil pada tindakan siklus kedua ini belum mencapai hasil maksimal yang peneliti harapkan. Dan dilanjutkan dengan tindakan siklus III maka hasil yang di dapatkan dikategorikan tinggi dengan nilai 82,92%. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar murid pada mata pelajara aqidah akhlak setelah diterapkan dengan metode value clarification technique ( VCT) model cerita meningkat dan dapa dikategorikan baik sekali karena berada antara 76%-99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 04:36
Last Modified: 25 Jan 2016 04:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1779

Actions (login required)

View Item View Item