Reni Maipera (2011) PENERAPAN METODE BRAIN STORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA SISWA KELAS V SDN 036 KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2011_2011662.pdf Download (386kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan Metode Brain Storming dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil pengamatan ditemui beberapa gejala atau fenomena seperti: 1. Siswa merasa kesulitan untuk memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini terlihat ketika dilakukan postes, dari 22 siswa hanya ada 7 atau 31,82 % siswa menjawab pertanyaan yang diberikan. 2. Diketahui dari nilai rapor kususnya pada pelajaran IPS, bahwa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (minimal nilai 65) yang ditetapkan di SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung hanya ada 40,90 % atau 9 siswa 3. Kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode yang berpariasi dan cenderung konvesional seperti ceramah ataupun tanya jawab, sehingga mengakibatkan siswa menjadi pasif. 4. Saat dilakukan tanya jawab hanya sebagian kecil saja siswa yang menjawab pertannyaan dengan benar. 5. Hasil evaluasi yang dilaksanakan pada akhir prmbelajaran, siswa yang dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan juga sebagian kecil saja. Rumusan masalah untuk penelitian ini adalah: Apakah penerapan metode Brain Storming dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesa siswa kelas V SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar ? Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus pertama dikategorikan baik dengan rata-rata 70 atau klasifikasi nilai tinggi, dan pada siklus ke dua naik menjadi 81,14 dengan klasifikasi nilai sangat tinggi kemudian ketuntasan atau keberhasilan yang diraih siswa sebesar 100% mencapai nilai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu tingkat keberhasilan telah melebihi 75 % dari jumlah seluruh siswa, Artinya sebagian besar siswa telah mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan yaitu 65. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan Metode Brain Storming dapat meningkatkan belajar IPS Pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 036 Karya Indah Kecamatan Tapung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 25 Jan 2016 03:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2016 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1776 |
Actions (login required)
View Item |