PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI MEMPRAKTEKKAN MATERI YANG DIAJARKAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KECAMATAN BENGKALIS KABUPATEN BENGKALIS

Darmawati, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI MEMPRAKTEKKAN MATERI YANG DIAJARKAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 10 KECAMATAN BENGKALIS KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011642.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi mempraktekkan materi yang diajarkan pada siswa kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 10 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi mempraktekkan materi yang diajarkan. Dari hasil pengamatan penulis terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 10 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis adalah relatif rendah. Adapun gejala-gejala yang terlihat yaitu: siswa mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide dan gagasannya, siswa kurang mampu menceritakan kembali isi suatu bacaan yang telah dipelajarinya, kemampuan siswa dalam mata Pelajaran Bahasa Indonesia relatif rendah, siswa kurang semangat dalam mengikuti proses belajar, lingkungan dan tempat belajar siswa kurang kondusif, serta siswa jarang mengajukan pertanyaan dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini penulis lakukan di SD Negeri 10 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis pada siswa kelas V yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Caranya adalah apabila semua data telah terkumpul, lalu diklasifikasikan menjadi dua kelompok yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Terhadap data yang bersifat kualitatif yaitu yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori untuk memperoleh kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu: penerapan strategi mempraktekkan materi yang diajarkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 10 Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis. Hal ini dapat diketahui dari persentase yang diperoleh sebelum diadakan tindakan yaitu sebesar 54,00%. Kemudian pada pertemuan pertama sesudah tindakan I sebesar 70,67% dan pertemuan kedua sebesar 78,67%. Sedangkan pada siklus II (sesudah tindakan II) terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari sebesar 82,67% pada pertemuan pertama dan 85,33% pada pertemuan kedua. Dari perbandingan hasil tes lisan sebelum tindakan, dan sesudah tindakan I dan II, maka terdapat peningkatan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mempraktekkan materi yang diajarkan dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Jan 2016 03:55
Last Modified: 25 Jan 2016 03:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1773

Actions (login required)

View Item View Item